Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian

Main Article Content

Makmur Sujarwo
Marcolast Yusuf Pamungkas

Abstract

Bisnis ritel saat ini berkembang sangat pesat. Bisnis ritel yang tumbuh sangat pesat yaitu department store, supermarket dan lain-lain. Banyaknya peritel yang ada saat ini membuat persaingan bisnis semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, kelengkapan produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh Store atmosphere secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kelengkapan produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Lokasi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Store Atmosphere, Kelengkapan Produk dan Lokasi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Store Atmosphere, Kelengkapan Produk dan Lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Sujarwo, M., & Pamungkas, M. Y. . (2025). Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 216–227. https://doi.org/10.24905/konsentrasi.v5i2.91
Section
Articles

References

Berman, barry Evans, Joel.R Chatterjee, P. (2018). Retail Management : A Strategic Approach 13th Global edition. Pearson Education Limited.

Destiana, E. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus gerai alfamidi cabang timoho, kota yogyakarta). Competency of Business, 7(1), 137–156.

Dewi, N. N., & Wibowo, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Mnimarket. Ecopreneur.12 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 30–52.

Faesol, M. S., Hanfan, A., & Wiyanti, S. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Gaya Hidup, Etnosentrisme, Terhadap Minat Beli Batik Pekalongan (Studi Pada Konsumen di Pasar Grosir Setono Pekalongan Pada Toko Azka Batik). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1192, 635–652.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Gosaroh, Risti , Santyo, Deby, Sumelvia, A. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Prasanthi Sumberkepuh Nganjuk. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(05).

Karundeng, V. A., Soegoto, A. S., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Kawasan Megamas Saat Pandemi Covid-19. Emba, 9(4), 702–711.

Khasannudin, M. D. R., & Mahendra, P. T. . (2025). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Harga Terhadap Minat Beli. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 251–264. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i4.124

Kotler, Philip Keller, K. lane. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Ma`ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. PT Gramedia Pustaka Utama.

Nur, A. A., Jauhari, Ahmad, Ayuanti, R. N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kelengkapan Barang, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Berkah Mandiri Mojo Kediri. Neraca Manajemen, Akutansi Ekonomi, 1(3).

Peter, j.Paul Olson, J. . (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga.

Purborini, V. S., & Suryanatha, I. B. . (2024). Analisis Strategi Digital Marketing Shopee Video Dalam Perspektif Hukum Bisnis. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 153–162. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.92

Raykani, D A M Hartati, PS Yoga, G. A. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen , Keragaman Produk , dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 586–597.

Sangadji, E. M. & S. (2013). Perilaku Konsumen. Andi Offset.

Sciffman, leon & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. PT INDEKS.

Sholihatin, Ifa Munir, Miftahul Mahaputra, A. P. (2023). Pengaruh Variasi Produk , Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di TNA Collection Nganjuk. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 223–245.

Sianturi, Aprial Nasution, Ade Parlaungan, S. (2020). Pengaruh Lokasi Usaha, Promosi, Kualitas Layanan dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Pada Brastagi Supermarket Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akutansi, 1(2), 238–249.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan R&d. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian. Alfabeta.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Andi Offset.

Syihabudhin, & S. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi Offset.

Trisnawati, A., Sulistiyani, T., & Sujarwo, M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup , Kualitas Produk , dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 57–68.

Utami, C. W. (2018). Manajemen Ritel. Salemba Empat.

Wibowo, A., M., Pramutoko, B., & Evasari, D. A. (2023). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Swalayan Permai Baru Brenggolo. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(10), 1–19.

Wiyanti, S., Maulana, A., Amalia, N. H., Yusufi, F. R., & Erdiansyah, M. Y. (2023). Pengaruh Lingkungan , Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Angkringan di Kota Tegal. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1, 1–8.

Wiyanti, S., Maulida, V., Fatin, E., Solekha, I. H., Ahmad, N., & Aulia, V. (2023). Pengaruh Pengeceran , Harga Grosir Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen Mall Di Tegal. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara, 1(November), 142–151.

Wiyanti, S., Widianingrum, D. A., Syadan, M., Rahma, M. Y., & Kurniawan, B. L. (2023). Pengaruh Harga Paket Produk , Suasana Kafe Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Kafe Belikopi Kota Tegal. Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 59–71.