Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal

Main Article Content

Dwi Handika Novandi
Deddy Prihadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan miss laundry di kota tegal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal, 2) Harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal, 3) Lokasi secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal, 4) Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Secara Simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen dan pengguna atau pengunjung yang pernah datang dan terlibat dalam kepuasan pelanggan miss laundry di kota tegal. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan kriteria tertentu dengan menggunakan metode Incidental sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari pengisian kuesioner yang diberikan kepada responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Metode analisis data menggunakan Teknik analisis data yang digunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji signifikan (Uji Asumsi klasik, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan Pelanggan dengan nilai probabilitas (Sig) 0,000 < 0,05, (2) Harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai probablitas (Sig) 0,000 < 0,05, (3) Lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai probabilitas (Sig) 0, 853 > 0,05, (4) Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal. Hal ini dibuktikan dalam uji F nilai sig karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Article Details

How to Cite
Novandi, D. H., & Prihadi, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 26-37. https://doi.org/10.12345/konsentrasi.v1i1.7
Section
Articles

References

Afrianti Rini& Zulkifli (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Citra Laundry Kota Pariaman. Jurnal MENARA Ilmu Vol. XI Jilid 2 No. 78 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat Pariaman.Dipetik pada 16 November 2019, darihttps://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/588.
Aristo Felix Stephanus (2016). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadapa Keputusuan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 4, Oktober 2016.Dipetik pada 16 November 2019, dari http://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/220
Bailia, F.T., Jefry, dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung-warung Makan Lamongan di Kota Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. ISSN 2303-1174.Dipetik pada 19 Desember 2019, dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5959.
Fatin Arifina Wulan, M. Ato’illah & Lestari Esti Deni (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Es Krim Glico Wings (Studi Kasusu di Outlet Anugerah abadi Lumajang). Jurnal Riset Manajemen Vol. 1 No. 2 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang.Dipetik pada 17 November 2019, dari http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/71.
Firdiyansyah Indra (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap kepuasan Pelanggan pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam.Dipetik pada 19 Desember 2019, dari https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/56283188/Indra.pdf?1523350700=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPENGARUH_KUALITAS_PELAYANAN_HARGA_DAN_LO.pdf&Expires=1591621906&Signature=fBzGkJ9tRa1AG0DeioWB7dL97pLK0sTLQConQrFRlIeV0RnYOXJ9XeJIWYbAWd6edNKCUFw9z2x2a10rMKgUDkDJMXMplrB1hzt8X9L4E54nPBelWqr5a7CXNwY8YRP1etCvBJkJsho6q~YBu4zg1ODKXQ34wpq2VYRfpk1xFAbX6HTl6y7NAaQv-T4JPfxJgYsRWLP65TvgQ-A1Qn26e2wSKc~4O- .
Ghozali, 2018. Aplikasi Analisis Multivariete. Edisi 9. Semarang: BPUD.
Hardiati Sri, Ruci Sarwi (1999). Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanPelanggan pada Telkomsel Malang Area. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.1, No. 1, September 1999 : 56 – 6.Dipetik pada 16 Desember 2019, dari http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/15593.
Jily Bernadette Mandey (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA Vol. 1 No. 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.Dipetik 17 November 2019, dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2577
Kotler, Philip dan KellerKevin. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 dan jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lenzun. J. Jessica, Massie. D.D. James, Adare Decky (2014) Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Parbayar Telkomsel. Jurnal EMBA, Vol 2 No. 3 September 2014, Hal 1237-1245.Dipetik pada 20 Februari 2020, dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5802
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global). Bandung: Alfabeta.
Morissan. (2015). Periklanan (Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jakarta: Prenadamedia Group.
Muhidin, Ali., & Somantri, Ating. (2011). Dasar-dasar Metode Statistika untuk Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Naingolan, Loreh Paulina, dkk. (2016). Jurnal Kualitas Pelayanan, Keragaman produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Universitas Diponegoro. Hal 1-11.Dipetik pada 19 Maret 2020, dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/viewFile/13601/13155
Rachman, Faychur. (2014). Jurnal Ilmu & Riset manajemen. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan AUTO 2000 Sungkono Surabaya. Vol. 3 No.11.Dipetik pada 19 Maret 2020, dari https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Kualitas+Pelayanan%2C+Harga+dan+Lokasi+terhadap+Kepuasan+Pelanggan+AUTO+2000+Sungkono+Surabaya.&btnG=
Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 3. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiranta. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha ilmu.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Suyonto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Manajemen dan Perilaku Konsumen. Yoygakarta: CAPS.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran Edisi IV. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Triasmawan, Ramadhani, Miya, dkk. Jurnal. Kajian Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Pada Water Boom Niagara Ambulu Jember). Volume 20/No.01/April 2016.Dipetik pada 20 Februari 2020, darihttp://repository.unmuhjember.ac.id/1243/
Yuliana Riska (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Little White Cafe Kota Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (ALMANA) Vol.2 No.2 Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana.Dipetikpada 16 November 2019, darihttps://www.neliti.com/publications/284253/pengaruh-harga-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-di-little-white.