Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian

Main Article Content

Ayu Trisnawati
Tri Sulistyani
Makmur Sujarwo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada pasar modern Yogya Mall Brebes. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada pasar modern Yogya Mall Brebes. 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pasar modern Yogya Mall Brebes. 4) Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada pasar modern Yogya Mall Brebes. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada Yogya Mall Brebes. Artinya, jika gaya hidup naik maka keputusan pembelian akan naik, sebaliknya jika tingkat gaya hidup turun maka keputusan pembelian pada Yogya Mall Brebes akan turun. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Yogya Mall Brebes. Artinya, apabila kualitas produk naik maka keputusan pembelian akan naik, sebaliknya jika kualitas produk menurun maka keputusan pembelian akan turun. 3) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Yogya Mall Brebes. Artinya, apabila kualitas pelayanan naik maka keputusan pembelian akan naik, sebaliknya jika kualitas pelayanan menurun maka keputusan pembelian pada Yogya Mall Brebes akan turun. 4) Gaya hidup, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Yogya Mall Brebes.

Article Details

How to Cite
Trisnawati, A. ., Sulistyani, T., & Sujarwo, M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.24905/konsentrasi.v3i1.62
Section
Articles

References

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8, 17-27.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cholid, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Tiket Garuda di PT.Totogasono Sekawan Samarinda Tahun 2016). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 12, 18-26.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 25. Semarang.
Hair, J. (2010). Multivariate Data Analysis (7 ed.). Pearson Pretice Hall.
Handoko, T. (2002). Manajemen (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE.
Jacklin, M. P., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Department Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 7, 431-440.
James, G. (2013). Secrets Of Consumer Relationship Management. Andi.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mokoagouw, M. L. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Samsung di Samsung Mobile IT Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16, 493-502.
Mowen, J. (1995). Consumer Behavior (4 ed.). Jakarta: Erlangga.
Mowen, J., & Michel, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Mustikarini, A. (2020). Analisis pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhdap tingkat kepuasan konsumen (Studi Kasus FoodCourtUNY). Jurnal Dinamika Teknik, XIII, 24-29.
Novia S, N., Utami, S., & Nurbambang, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri. JIMEK, 2, 20-37.
Nugraha, A. R. (2010). Atletik Untuk Sekolah Menengah Pertama. Alfabeta.
Petter, J. P., & Olson, J. C. (2016). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran (9 ed.). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Rakhman, A., & Rahayu, T. M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Variasi Audio Mobil di Subur Audio Workshop Purwokerto. Jurnal Manajemen dan Bisnis MEDIA EKONOMI, XVII, 33-41