Pengaruh Event Marketing, Social Media Promotion dan E-Wom (Electronic Word of Mouth) Terhadap Keputusan Mahasiswa Baru Angkatan 2023/2024 Memilih Kuliah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh event marketing, social media promotion dan e-WOM (electronic word of mouth) terhadap keputusan mahasiswa baru angkatan 2023/2024 memilih kuliah di Universitas Pancasakti Tegal. Peran penting perguruan tinggi dalam mencari mahasiswa terletak pada aktifitas promosi. Maka dari itu, promosi dianggap sebagai pengendali serta harapan dalam upaya mewujudkan tujuan perguruan tinggi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan deskriptif analisis dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis uji asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, multikoelinearitas, heterokedastisitas), regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan uji secara parsial event marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih. Social media promotion secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih. E-WOM (Electronic Word Of Mouth) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih. Secara simultan event marketing, social media promotion dan E-WOM (Electronic Word of Mouth) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Abdurrahman, M., & Muhidin, S. A. (2011). Panduan Praktis Memahami Penelitian (Bidang sosial, administrasi, dan Pendidikan). Pustaka Setia.
Anita, Aini1, Y., & Afrizal, A. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Efektifitas Promosi di Universitas Pasir Pengairan. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen UPP 1(1),1–12.
Ariefianto, M. D. (2012). Ekonometrika: Esensi dan Aplikasi dengan E Views. Jakarta: Erlangga.
Aripin, B. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 8(2), 79–94.
Auliya, S. P. (2021). Event Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Volume Penjualan Kayn Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 9(2), 1-18.
Azmar, A., & Laksamana, P. (2018). Pengaruh social media promotion dan electronic word of mouth terhadap keputusan pemilihan pada perguruan tinggi. Jurnal Riset Perbankan, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 123-136.
Chartalina, C., & Wahyuningrum, S. (2018). Pengaruh Event Marketing terhadap Pengambilan Keputusan Berkuliah yang dimediasi oleh Brand Image (Studi kasus pada mahasiswa angkatan 2018 STIE PGRI Dewantara Jombang. Repository STIE PGRI Jombang.
Dencheva, V. (2023). Manfaat pemasaran media sosial di seluruh dunia pada tahun 2023. Statista. Diakses dari https://www-statista-com.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Up Date PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermansyah, R. A. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Media Sosial terhadap Keputusan Memilih berkuliah di Universitas Brawijaya pada Mahasiswa Difabel (PSLD) Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 2, 1–91.
Hoyle, L. H. (2020). Event Marketing (How to successfully promote event, festivals, conventions, and expositions). John Wiley & Sons, Inc.
Hutomo, K. (2013). Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Foursquare : The New Social Media. Binus Journal Publishing 4(9), 711–724.
ISI Surakarta. (2020). Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi. Surakarta: Penulis. Diakses dari https://kepegawaian.isi_ska.ac.id
Istanto, Y., Rahatmawati, I., Sugandini, D., Arundati, R., & Adisti, T. (2020). Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Usaha kecil. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kurnia, D. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Semarang: Penerbit Andi.
Laksono, R., Gultom, J. R., & Setyawan, I. (2023). Efek e-Word Of Mouth terhadap upaya marketing dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa baru memilih perguruan tinggi. Mediastima, 29, 1-53.
Maharani, L., Mustikasari, A. (2020). Pengaruh Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PT Yamaha, 2020). EProceeding, 6(2), 1198–1201.
Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global). Bandung: Alfabeta.
Mintarsih, C., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Event Marketing Terhadap Minat Studi Lanjut Siswa SLTA Pada IBI Kesatuan. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(2), 111-125.
Muthmainnah, Jayengsari, R., & Nitami, Y. A. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Kepada Orang Tua Asuh Terhadap Keputusan Ber-Zis. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 234–255. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.36
Oktora, I. M., Gunawan. (2019). Dampak Media Promosi Online , Brand Images dan harga terhadap keputusan menjadi mahasiswa. Jurnal Manajemen Kewirausahaan 16(02), 99–108.
PDDikti. (2023). Pangkalan Data Perguruan Tinggi. Meningkatnya jumlah pendidikan tinggi di Indonesia. Diakses dari https://pddikti.kemdikbud.go.id.
Peter, j. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi pemasaran (Consumer behavior & Marketing strategy). Bandung: Salemba empat.
Priyatno, D. (2012a). Belajar Praktis Analisis Parametrik & Non Parametrik dengan SPSS. Gava Media.
Priyatno, D. (2012b). Belajar Praktis Analisis Parametrik & Non Parametrik dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektifitas Media Sosial sebagai Media Promosi. Tirtayasa ekonomika 12(2), 216-231.
Rahmawati, E. D. (2023). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Pustaka baru press.
Riduwan. (2005). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2013). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur) Lengkap dengan Contoh Tesis dan Perhitungan SPSS 17.0. Bandung: Alfabeta.
Ridwan, M., Delima, I. D., & Salsabil, L. S. (2023a). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Memilih UNIS sebagai Tempat Kuliah Tahun 2022/2023. Jurnal J Sikom, 4(1), 62–72.
Rita, R., & Nabilla, S. F. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Event Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 426–437.
Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). Depok: Grafindo Persada.
Sangadji, E. mamang, & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset (Penerbit Andi).
Sedarmayanti, H., & Hidayat, S. (2011). Metode Penelitian. Tandar Maju.
Septianti. (2023). Pengaruh Prestasi Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Promosi Jabatan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 140–151. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i2.13
Shifa, L. N. (2021). Strategi Electronic Word Of Mouth (e-WOM) dalam Bisnis Online di Kota Palangka Raya. 1, 76.
Silaban, C. (2019). Pengaruh Promosi Online Akun Media Sosial Instagram @bogardeliveryservice terhadap keputusan pembelian jasa Bogar Delivery Service. JOM Fisip, 6(3).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Model Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: CV Andi Offset (Penerbit Andi).
Tafeni, M., Vicha, Setiawati, & Cut, I. (2020). Pengaruh Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Lokal Dikalangan Pengunjung Kickfest Bandung Tahun 2019. E-Proceeding of Management, 7(2), 3745–3755.
Tegal, U. (2023). Profil Universitas Pancasakti Tegal. Universitas Pancasakti Tegal. Diakses dari https://upstegal.ac.id/
Triany, N. A., Goncalves, M., & Ardyan, E. (2022). Penggunaan Media Sosial dalam Promosi menarik Calon Mahasiswa Baru pada Universidade Oriental De Timor Lorosa’e (UNITAL) Kota Dili-Timor Leste. Journal Mirai Management, 7(1), 330–335.
Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Jakarta: CV Multi Pustaka Utama.
Wahyuningrum, C. C. S., & Rohim, A. (2020). Pengaruh Event Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Berkuliah Yang Di Mediasi Oleh Brand Image (Studi Kasus Pada mahasiswa angkatan 2018 STIE PGRI Dewantara Jombang). Jurnal manajemen
Yunitasari, F. (2018). Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal UINRIL 1(1), 12-16.
Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2017). Pengaruh sosial media marketing terhadap Brand Trust pada Followers Instagram Dompet Dhuafa cabang Yogyakarta. Al Idarah: Jurnal Managemen Dan Administrasi Islam, 1(2).