Pengaruh Iklim Kerja dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Pegawai KPRI Sejahtera Kabupaten Brebes

Main Article Content

Alif Ilham Zakaria
Setiowati Subroto

Abstract

Melihat dari latar belakang masalah dalam penelitian ini menjadi alasan peneliti bahwa pegawai KPRI Sejahtera Kabupaten Brebes memiliki tingkat absensi yang kurang baik dilihat dari data absensi pegawai yang disebabkan kurang nyamanya iklim kerja didalam organisasi yang membuat pegawai sering telat dan pulang dijam kantor. Organisasi harus mengembangkan kompetensi pegawai untuk menambah pengetahuan dan wawasan pegawai sehingga pegawai memiliki jiwa yang berkompeten dalam menjalankan tanggung jawabnya. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran kuisoner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 responden. alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji signifikansi koe­fi­sien regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan 1). terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan iklim kerja terhadap produktivitas kerja pegawai. Dari hasil uji t diperoleh t hitung variabel iklim kerja (X1) sebesar 4,319 sedangkan t tabel sebesar 1,659, maka diketahui t hitung > t tabel dengan niali sig 0,108 > 0,05. 2). terdapat pengaruh yang positif dan  signifikan kompetensi terhadap produktivitas kerja pegawai. Dari hasil uji t diperoleh t hitung variabel kompetensi (X2) sebesar 4,319 sedangkan t tabel sebesar 2,045, maka diketahui t hitung > tabel dengan nilai sig 0,000 < 0,005. 3). Iklim kerja dan kompetensi terhadap produktivitas kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Nilai F hitung yang diperoleh adalah 164,555 sedangkan F tabel sebesar 4,17. Maka diketahui nilai F hitung 164,555 > 4,17 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa iklim kerja dan kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai KPRI Sejahtera Kabupaten Brebes.

Article Details

How to Cite
Zakaria, A. I., & Subroto, S. (2020). Pengaruh Iklim Kerja dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Pegawai KPRI Sejahtera Kabupaten Brebes. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17-25. https://doi.org/10.12345/konsentrasi.v1i1.6
Section
Articles

References

Agustini, F. (2010). Manajemen Sumber Daya Lanjutan. Bekasi: Madenatera.
Akhmad Abdurahman , N. M. (2017). Pengaruh Kompetensi Terhadap produktivitas Kerja Pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Satui. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, Vol 1, No 1.
Burso, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Darsin, T. (2017). Pengaruh Semangat Kerja, Kompensasi, Dan Iklim Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervrening Di Perusahaan Bengkel Mobil Honda Semarang Center. Journal of Management, Vol 3, No 3.
Eci Novita, A. (2017). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada PT. Perindustrian Dan Perdagangan Bangkinang. Jurnal Ilmiah Manajemen.
Fahmi, l. (2012). Manajemen Produksi Dan Operasi. Bandung: ALFABETA, cv.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Moeherino, E. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Komputer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ravianto, J. (1986). Manajemen Produksi Modern. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.
Rosidah, S. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sedarmayanti. (2009). SUMBER DAYA MANUSIA dan PRODUKTIVITAS KERJA. Bandung: MANDAR MAJU.
Sherly Pinantik, F. L. (2018). Pengaruh Integritas, Kompetensi, Dan Profesionalisme. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, Vol 13, No 3, 41-51.
Simamora, H. (2010). Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.
Sinungan, m. (2011). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarmanto. (2018). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiarto Hartono, I. W. (2017). Pengaruh Iklim Kerja, Kompensasi, Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Pada Stimik Dharma Putra. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Vol 6, No 1, 64-71.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: (Kuantitatif, Kualitatif dan R& D). Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, tesis, & Disertasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Thoha, H. (2008). KOMPETENSI plus Teori, Desain, Kasus, dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Triton. (2007). Manajemen Strategis Terapan Perusahaan Dan Bisnis. Yogyakarta: Tugu Publiser.
Veronica, F. (2017). Pengaruh Bonus Dan Iklim Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Klinik Kecantikan. AGORA, Vol.5, No.1.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2012). Budaya dan Iklim Organisasi Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.