Pengaruh Promosi Penjualan, Display Produk, Citra Merek dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Tidak Terencana

Main Article Content

Dea Ananda
Makmur Sujarwo

Abstract

Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui penga­ruh promosi penjualan terhadap pembelian tidak terencana di base department store Banjaran, untuk mengetahui pengaruh display produk terhadap pembelian tidak terencana di base department store Banjaran, untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap pembelian tidak terencana di base de­partment store Banjaran, untuk mengetahui pengaruh mo­ti­vasi belanja hedonis terhadap pembelian tidak terencana di Banjaran Department Store Basa. untuk mengetahui penga­ruh promosi penjualan, tampilan produk, citra merek dan motivasi belanja hedonis secara bersama-sama terhadap pembelian tidak terencana di Banjaran Department Store Basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, metode interval berturut-turut, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis parsial, pengujian hipotesis simultan, dan analisis koefisien determinasi. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian tidak terencana, terdapat pengaruh tampilan produk terhadap pembelian tidak terencana, terdapat pengaruh citra merek terhadap pembelian tidak terencana. terdapat pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian tidak terencana. terdapat pengaruh promosi penjualan, tampilan produk, citra merek dan motivasi belanja hedonis secara bersama-sama terhadap pembelian tidak terencana

Article Details

How to Cite
Ananda, D., & Sujarwo, M. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan, Display Produk, Citra Merek dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Tidak Terencana. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 96–108. https://doi.org/10.24905/konsentrasi.v4i2.57
Section
Articles

References

Aaker, David A. 2018. Manajemen Pemasaran Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
Akbar, Syahrizal Fitrian, Irsan Tricahyadinata, dan Asnawati. 2022. “Pengaruh display produk, promosi below the line dan motivasi belanja hedonis terdahap keputusan pembelian impulsif.” Jurnal Manajemen 12(1):115–23.
Alma, Buchari. 2020. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arnold, Mark J., dan Kristy E. Reynolds. 2003. “Hedonic shopping motivations.” Journal of Retailing 79:77–95.
Artana, I. Putu Widya, I. Gusti Bagus Satria Wisesa, I. Komang Setiawan, Ni Luh Putu Mita Pramestya Utami, Ni Nyoman Kerti Yasa, dan Made Jatra. 2019. “Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar).” E-Jurnal ekonomi dan Bisnis Univesritas Udayana 8(4):369–94.
Cipta, Hendra, Lia Wdiyawati, dan Iwang Suwangsih. 2021. “Pengaruh Harga Diskon, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pembelian Di Shopee.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen Mutiara Madami 9(2):132–48.
Effendi, Syahrul, Faris Faruqi, Maya Mustika, dan Rudi Salim. 2020. “Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word Of Mouth Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Shopee.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen 17(2).
Engel, James F., Roger D. Blackwell, dan Paul W. Winiard. 2018. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Foster, Bob. 2018. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hurriyati, Ratih. 2019. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Ma’ruf, Hendri. 2017. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Miranda., Yosy Cynthia. 2018. “Kajian terhadap Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying.” Kompetensi 10(1).
Mowen, John C., dan Michael Minor. 2019. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Natalie, Angela, dan Edwin Japarianto. 2019. “Analisis Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Value Di H&M Store Pakuwon Mall Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 13(1):46–46.
Sakdiah, dan Cut Sukmawati. 2022. “Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) Dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulse Buying Secara Online.” NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 5(1):1–16.
Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah. 2019. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Schiffman, Leon G., dan Leslie Kanuk. 2019. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Setiadi, Nugroho J. 2019. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana Prenada Media.
Sopiah, dan Syihabudhin. 2020. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi.
Sopini, Pupu. 2017. “Pengaruh Current Ratio Dan Quick Ratio Terhadap Profit Margin Pada PT. Indosat, Tbk Periode 2005-2014.” Jurnal Ilmiah Dikdaya.
Sopini, Pupu, Akhmad Irwansyah Siregar, dan Sadarman Zebua. 2021. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Trona Supermarket Jambi Townsquare (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 2(6).
Styadi, Rizza Dwi. 2018. “Pengaruh Citra Merek, Hedonic Shopping Motivation, Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7(9).
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2020. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.
Suryani, Tatik. 2019. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutisna. 2019. Perilaku konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tawas, Indry Faery Natasya, Lucky F. Tamengkel, dan Aneke Y. Punuindoong. 2019. “Pengaruh Display Terhadap Perilaku Impulse Buying Di Transmart Bahu-Manado Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word Of Mouth Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Shopee.” Jurnal Administrasi Bisnis 9(1).
Tinarbuko, Sumbo. 2018. Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.
Utami, Cristina Widhya. 2020. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Verplanken, Bas, dan Astrid Herabadi. 2001. “Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and No Thinking.” European Journal of Personality 15(1):571–83.
Warnerin, Gita, dan Renny Dwijayanti. 2020. “Pengaruh Diskon Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Konsumen Matahari Department Store Gress Mall Gresik.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8(2):2337–6078.
Widianingsih, dan Samsul Rizal. 2017. Modul Menata Produk. Jakarta: Erlanga.