Analisis Pengaruh Flash Sale, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal di Marketplace Shopee

Main Article Content

Nurulita Malafitri
Makmur Sujarwo
Sri Murdiati

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh flash sale terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee, pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian, pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh flash sale, online customer review, dan online customer rating secara simultan terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini adalah marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1). Pengujian parsial flash sale terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig = 0,000 < 0,05. 2). Pengujian parsial online customer review terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig = 0,016 < 0,05. 3). Pengujian online customer rating terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig = 0,005 < 0,05. 4). Pengujian Uji F (uji simultan) diperoleh nilai sig = 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Terdapat pengaruh flash sale (X1) terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee. 2). Terdapat pengaruh online customer review (X2) terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee. 3). Terdapat pengaruh online customer rating (X3) terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee. 4). Terdapat pengaruh flash sale (X1), online customer review (X2) dan online customer rating (X3) secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee.

Article Details

How to Cite
Malafitri, N., Sujarwo, M., & Murdiati, S. (2022). Analisis Pengaruh Flash Sale, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal di Marketplace Shopee. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 21-34. https://doi.org/10.12345/konsentrasi.v3i1.32
Section
Articles

References

Agrawal, Supriti, and S. Abhinav Sareen. (2016). Flash Sales-The Game Changer in Indian E-Commerce Industry. International Journal of Advance Research and Innovation, Vol. 4, Issue 1, pp: 192-195. https://ijari.org/assets/papers/4/1/IJARI-MG-16-01-103.pdf.
Apriadi, Deni. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti, Vol. 1 No. 2. https://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/36/20.
Farki, Ahmad, et. al. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, Vol. 5, No. 2, ISSN: 2337-3539. https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/download/19671/2853.
Filieri, Raffaele., et. al. (2014). Structural Social Capital Evolution And Knowledge Transfer: Evidence from an Irish Pharmaceutical Network. Industrial Marketing Management, Vol. 43, No. 3, April, pp. 429-440. https://www.researchgate.net/publication/260027687_Structural_social_capital_evolution_and_knowledge_transfer_Evidence_from_an_Irish_pharmaceutical_network.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Istiqomah, Mira, dan Novi Marlena. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, Vol. 12 No. 2. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen.
Komala, Cucu dan Hamdan Sugilar. (2020). Kategori dan Layanan E-Commerce Terhadap Daya Beli di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Benefita, Vol. 5 No. 1 Februari, hlm. 129-139. https://www.researchgate.net/publication/341704244_Kategori_Dan_Layanan_ECommerce_Terhadap_Daya_Beli_Di_Kalangan_Mahasiswa/link/5ecfb6a0299bf1c67d255b0a/download.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (Jilid 1), Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Lackermair, Georg. et. al. (2013). Importance of Online Product Reviews From a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business. Vol. 1, pp. 1-5. https://www.hrpub.org/journals/article_info.php?aid=38.
Lee, Eun Ju, dan Shin So Yun. (2014). When Do Consumers Buy Online Product Reviews? Effects Of Review Quality, Product Type, And Reviewer's Photo. Computers in Human Behavior, Vol. 31, pp. 356–366. https://www.researchgate.net/publication/259132277_When_do_consumers_buy_online_product_reviews_Effects_of_review_quality_product_type_and_reviewer's_photo.
Sudjana. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sugianto, Mikael. (2007). 36 Jam Belajar Komputer SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widianto, Tri, dan Andri Octaviani. (2020). Analisa Sikap Belanja Online Dan Harga Terhadap Keputusan Belanja Konsumen Pada Event Flash Sale Shopee. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, Vol. 7 No. 1. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent.
Zakiyyah, Amalina Maryam. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 4 No. 1 Juni. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1716/1406.