Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Insentif dan Motivasi Ektrinstik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Departemen Marketing Honda Raya Tegal

Main Article Content

Asri Astika Lestari
Ira Maya Hapsari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja non fisik, insentif dan motivasi ektrinstik terhadap kepuasan kerja karyawan pada departemen Honda Tegal Raya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 orang karyawan dan teknik pengambilan sempel menggunakan sempel jenuh, responden dalam penelitian ini adalah 34 orang karyawan departemen marketing Honda tegal raya. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan analisis regresi linier berganda lingkungan kerja non fisik, insentif dan motivasi ektrinstik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,000. lingkungan kerja non fisik berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,011 artinya hipotesis diterima, insentif berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,004 artinya hipotesis diterima, dan motivasi ekstrinstikberpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,001 artinya hipotesis diterima.

Article Details

How to Cite
Lestari, A. A., & Hapsari, I. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Insentif dan Motivasi Ektrinstik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Departemen Marketing Honda Raya Tegal. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 48-64. https://doi.org/10.12345/konsentrasi.v1i1.9
Section
Articles

References

Akunto,S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Alex, S. Nitisemito. (2000). Manajemen Personalia : Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 3. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Andini, S. P. (2017). Pengaruh Insentif dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada AJB Bumiputera 1912 KPR Pekanbaru. JOM FISIP, 1-14.
Danim, S. (2004). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Eka, D. S., & Sunuharyo, B. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT telkom Indonesia Witel Jatim Selatan Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 76-85.
Fath, R. A. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan Hotel Bintang Dua Di Yogyakarta). Skripsi.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Undip.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM 25, Edisi 9. Semarang: Undip.
Handoko, H. (2001). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Hasibuan, M. I. (2017). Pengaruh Insentif Finansial dan Non Finansial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Sales Promotion Pada PT Mitshubishi Rantauprapat.Jurnal Ecobisma Vol 4 No 1,80-68
Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, A. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior PT X Bandung. Journal Manajemen, Vol.15 No.1.
Luthans, F. (2011). Perilaku Organisasi, Cetakan Keempat. Yogyakarta: Andi Offset.
Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Day Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marliani, R. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: cv. Pustaka Setia.
Marliani, R. (2018). Psikologi Industri & Organisasi. Bandung: CV. PUTRA SETIA.
Prasetyo, T. (2017). Pengaruh Insentif Terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Karyawan Bagian Penjualan Dealer Sepeda Motor Merek HONDA PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru). Jurnal FISIP, 1-14.
Pratiwi, I. D. (2016). Pengaruh Motivasi Ekstrinstik, Motivasi Instrinstik Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Sekertariat Daerah Kabupaten Kota Waringin Barat. Skripsi.
Putra, A. K., & A. F. (2017). Pengaruh Motivasi Instrinstik dan Motivasi Ekstrinstik terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 377-386.
Ranupandojo, h., &Husnan, s. (1968). Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE - YOGYAKARTA.
Rasyid. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik dan Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, 55-70.
Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Edisi Ketiga. Jakarta: PT. RajaGrafindo.
Sarwoto. (1977). Dasar dasar Organisasi Manajemen. Jakarta: GHALIA INDONESIA.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. MANDIRI MAJU.
Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Bisnis . Bandung: Alfabeta.
Wexley, K. N., & Yuki, G. (2003). Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Wursanto, i. (2009). Dasar dasar Ilmu Organisasi. yogyakarta: Andi.