Pengaruh Persepsi Citra Merek, Persepsi Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Distro Bloods di Kota Tegal

Main Article Content

Reza Rizal Rizki Aziz
Ahmad Hanfan
Agnes Dwita Susilawati

Abstract

Naik turunnya volume penjualan Bloods Distro disebabkan oleh member Bloods Distro yang tidak melakukan pemesanan setiap bulannya. Apabila member tidak bertransaksi secara berturut-turut selama satu tahun atau lebih, maka secara otomatis Perusahaan Bloods Distribution akan menonaktifkan member tersebut. Selain karena kurangnya update member dalam berjualan kepada konsumen, tingkat pembelian pun mengalami penurunan karena dipengaruhi oleh minat beli pelanggan terhadap Brand Distro, dimana pelanggan yang awalnya berminat untuk membeli Brand Distro pada bulan tertentu kemudian menjadi tidak berminat untuk melakukan pembelian ulang walaupun ditawarkan brand yang berbeda-beda sebelumnya oleh konsultan. Tujuan penelitian, untuk menganalisis (1) apakah citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) apakah kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (3) apakah persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (4) apakah citra merek, kualitas produk dan persepsi harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Bloods Distribution di Kota Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden, teknik purposive sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner, alat analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian, (1) Variabel citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) Variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (3) Variabel persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (4) Variabel citra merek, kualitas produk dan persepsi harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada distribusi Bloods di Kota Tegal, (5) persentase sumbangan variabel yang diperoleh sebesar 67,90%, artinya variasi keputusan pembelian distribusi Bloods di Kota Tegal dapat dijelaskan oleh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga. Sisanya sebesar 32,10%, dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

Article Details

How to Cite
Aziz, R. R. R., Hanfan, A., & Susilawati, A. D. (2022). Pengaruh Persepsi Citra Merek, Persepsi Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Distro Bloods di Kota Tegal. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24905/konsentrasi.v3i1.30
Section
Articles

References

Arifin, E. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles di Jakarta Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng).

Kristianto, A. D., & Wahyudi, T. A. (2019). Pengaruh citra merek, persepsi kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 117-126.

Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio.

Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh persepsi kualitas, citra merek, persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepercayaan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 4(1), 29-37.