Analisis Perbandingan Kinerja Karyawan Nissan Datsun Tegal Sebelum dan Sesudah Pelatihan

Main Article Content

Norma Nurul Hidayati
Yuniarti Herwinarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti menganalisis perbandingan kinerja karyawan se­belum dan sesudah pelatihan. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu sebelum pe­la­tihan dan sesudah pelatihan sebagai variabel independen, dan kinerja sebagai variabel de­pen­den. Hipotesis dalam penelitian ini adalah H0: tidak terdapat perbedaan kinerja karyawan se­belum dan sesudah pelatihan dan Ha: terdapat perbedaan kinerja karyawan sebelum dan se­su­dah pelatihan. Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam pe­ne­li­ti­an ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kue­sio­ner yang disebar kepada seluruh karyawan Nissan Datsun Tegal. Jumlah sampel yang digu­na­kan berjumlah 30 responden.. Hasil penelitian ini menunjukkan bah­­wa ada pengaruh pe­ning­ka­tan kinerja sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan. Hal ini me­n­jelaskan bahwa kinerja kar­yawan tidak hanya didukung oleh keinginan untuk bekerja, na­mun penunjang terbesar un­tuk pencapaian kinerja yang maksimal adalah pada pemberian pe­latihan oleh perusahaan.

Article Details

How to Cite
Hidayati, N. N., & Herwinarni, Y. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Karyawan Nissan Datsun Tegal Sebelum dan Sesudah Pelatihan. Konsentrasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 101-111. https://doi.org/10.12345/konsentrasi.v1i2.13
Section
Articles

References

Anwar. (2013). Pendidikan atau Pelatihan (Diklat) Terhadap Kompetensi Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Pusat Pendidikn dan Pelatihan Unit Tuntungan Medan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, volume 18 No 2, 76.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Erlangga.
Becker, G, S. (1994). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis With Special Reference to Education, Third Edition. The National Bureau of Economic Research, 402.
Dharma. (2012). Hubungan Antara Pelatihan dan Kinerja Karyawan. Https:id.scribel.com tanggal unduh 31 Maret 2020, 23.
Evans, P & Borsoux. (2002). Effects Of Training On Employee Performance. Business Economics and Tourism, 10.
Fiolita, N, E. (2017). Analisis Perbedaan Sebelum Dan Sesudah Pelatihan Modul 2000 Kryawan PT. Fastfood Indonesia Tbk. (KFC Adiywarman Surabaya Menurut Kesetaraan Gender). Artikel Skripsi Universitas Widya Mandala Ctholic Surabaya, HYPERLINK https:reposity.wima ac.id.
Isabela, A. (2018). Perbandingan Kinerja Karyawan Sebelum Dan Sesudah Pelatihan Pada BPR Agro Cipta Adiguna Pare Kabupaten Kedir. Artikel Skripsi .
Lakra. (2016). Effects of Training on EmployeePerformance. International Humanities Studies, 25.
Mangkunegara. (2011). Perbandingan Kinerja Karyawan Sebelum dan Sesudah Pemberian Pendidikan dan Pelatihan Pada PT.Asuransi INTRA Asia Cabang Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 18 Nomor 2, 54.
Mangkuprawira. (2004). Pengaruh Pelatihan Keterlibatan Kerja Dan Komptensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Go Manado. Jurnal EMBA, Volume 4 No 5, 135.
Mathis, & Jackson. (2006). Analisis Perbedaan kinerja Karyawan Sebelum Dan Sesudah Pelatihan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia. e-Proceding of Management, 3783.
Nassazi. (2013). Human Resouce Training And Development. Effects of Training On Employee Performance, 21.
Nur, C, A. (2005). Analisis Perbedaan Kinerja Karyawan PT. ATA Sadira Surabaya Sebelum dan Sesudah Outbound Training. Skripsi Thesis, Universitas Airlangga .
Nurhikmah, P. (2017). Analisis Perbandingan Kinerja karyawan Tetap Dengan Karyawan Outsourcing (Kontrak). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Skripsi.
Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Paktik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Sunyoto. (2012). Pengaruh Peraktek-Praktek Manajemen Sumber Daya ManuisaTerhadap Kinerja Pegawai Pada PT.PLN. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 15 No 05, 137.
Widiaduta, & I Dewa Gede, Satrya. (2005). Analisis Perbedaan Antara Sebelum Dan Sesudah Peatihan SDM Pada Lembaga Pengembangan SDM. Undergraduate Thesis